Saat kita memutuskan untuk memelihara hewan maka anda tidak hanya bertanggungjawab untuk memberikan makan saja. Melainkan anda juga perlu bertanggungjawab terhadap kesehatannya. Ya, sama halnya dengan manusia, hewan juga tentu rentan terhadap penyakit sehingga sebagai majikan anda perlu menjaga kesehatannya. Salah satu cara menjaga kesehatan hewan peliharaan bukan hanya sekedar mencukupi asupan nutrisinya saja melainkan juga anda perlu mengunjungi dokter hewan terdekat.

Mengunjungi dokter hewan menjadi salah satu hal penting yang sebaiknya diperhatikan oleh semua pemilik hewan. Dokter hewan merupakan seseorang yang ahli untuk mengatasi berbagai penyakit, memeriksa kondisi kesehatan hewan dan hal lainnya. Namun sayang, saat ini banyak sekali pemilik hewan yang masih bingung memilih dokter hewan. Nah, bagi anda yang masih bingung memilih dokter hewan pada ulasan kali ini kita akan membahas tentang tips cerdas memilih dokter hewan yang sebaiknya diketahui.

Berikut Tips Cerdas Memilih Dokter Hewan Yang Sebaiknya Diketahui!
Hewan peliharaan memang kerap selalu dianggap sebagai anggota keluarga sehingga perawatan kesehatannya akan benar-benar diperhatikan. Salah satu yang bisa dilakukan untuk memastikan kesehatan yaitu dengan rutin memeriksakan kondisi hewan anda ke dokter hewan terdekat. Saat ini ada banyak sekali dokter hewan yang bisa anda temukan namun sayang masih banyak yang bingung dalam memilihnya. Bagi anda yang masih bingung memilih dokter hewan, berikut tips pemilihannya:

1. Perhatikan Lisensi Dan Akreditasi

Tips cerdas pertama memilih dokter hewan yaitu pastikan pilihlah dokter hewan yang sudah berlisensi dan telah terakreditasi. Tentu diperlukan lisensi dokter profesional untuk memastikan agar hewan peliharaan anda berada di tangan yang tepat. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan sertifikasi yang sudah dimiliki, terlebih lagi jika hewan kesayangan anda memiliki masalah kesehatan tertentu. Di Indonesia dokter hewan tergabung dalam asosiasi resmi yang Bernama Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI). Dokter hewan yang sudah diakui oleh PDHI untuk dapat melakukan praktek biasanya memiliki 2 (dua) dokumen yaitu Surat Tanda Registrasi Veteriner (STRV) dan Surat Izin Praktik (SIP).

2. Mintalah Referensi

Tips selanjutnya yaitu mintalah referensi dari orang-orang yang anda percaya atau memang orang yang sama-sama memiliki hewan peliharaan atau anabul. Semua pengalaman baik maupun buruk tentu perlu benar-benar diperhatikan. Anda juga perlu menilai sendiri atau bertanya kepada orang yang mereferensikan apakah dokter tersebut ramah, mudah diajak bicara serta mudah dihubungi. Pertimbangkan dengan matang pemilihan dokter hewan ini karena biasanya hal ini termasuk kedalam kebutuhan jangka panjang. Selain referensi secara luring atau offline, Anda dapat juga membaca review dari para netizen tentang petshop atau dokter hewan. Walaupun tidak semua petshop atau tempat praktek dokter hewan memiliki website khusus, rata-rata mereka telah memanfaatkan fasilitas dari Google yaitu Google My Business untuk menyajikan layanannya secara online. Pelanggan yang puas biasanya meninggalkan review yang bernada positif bagi dokter hewan kesayangannya.

3. Sentuhan Pribadi

Selanjutnya anda juga perlu menilai jika dokter hewan bisa mengalokasikan waktu untuk setiap hewan peliharaan yang ditanganinya. Dokter yang baik tentu saja akan selalu menyempatkan diri untuk memastikan pasien yang ditanganinya dengan benar. Anda bisa menilai hal ini ketika pertama kali anda berkunjung ke dokter hewan yang anda pilih.

4. Pilihlah Dokter Hewan Yang Selalu Memperhatikan Kebersihan Tempat Pemeriksaan

Terakhir, anda juga perlu memilih dokter hewan yang selalu memperhatikan kebersihan tempat permeriksaan. Untuk memastikan apakah tempat yang anda pilih memperhatikan kesehatan tempatnya anda bisa coba melihat-lihat terlebih dahulu beberapa ruangan. Jika semua tempatnya bersih maka anda bisa memilih dokter hewan tersebut untuk pemeriksaan rutin. Misal jika anda sedang ada di Kota Gresik, anda dapat mengunjungi Kawan Hewan. Sebuah Klinik dokter hewan dan Petshop yang sudah terkenal memiliki dokter berpengalaman dan tempat yang bersih.

Nah itulah tips memilih dokter hewan yang sebaiknya anda ketahui. Dengan tips diatas diharapkan bisa membantu anda dalam memilih dokter hewan yang tepat. Dokter hewan menjadi salah satu faktor penting kelangsungan hidup hewan peliharaan anda. Jadi, pastikan pilihlah dokter hewan yang tepat karena bisa menjadi kebutuhan jangka panjang. Semoga bermanfaat!